Breaking News
Loading...
Monday, September 16, 2013

Info Pendaftaran CPNS Dumai - Menpan-RB Beri Jatah CPNS 2013 Bagi Honorer K2 di Dumai

9:28 AM
Komisi I DPRD Dumai berhasil membantu honorer K2 mendapatkan porsi penerimaan CPNS 2013. Hal itu langsung disampaikan Menpan dan Reformasi Birokrasi.

Riauterkini-DUMAI - Upaya penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2013 di lingkungan Pemerintah Kota Dumai, akhirnya menuai hasil maksimal setelah rombongan Komisi I DPRD Dumai mendatangai Kementerian Perdayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), di Jakarta, Jumat (30/8/13) pagi tadi.

Dimana formasi penerimaan CPNS tahun ini difokuskan pada honorer K2 yang mana selama ini sudah mengabdi di Pemko Dumai, bertahun-tahun lamanya. Demikian disampaikan Sekretaris Komisi I DPRD Dumai, Jhonfikar, kepada riauterkinicom saat dikonfirmasi melalui selulernya. "Hasil pertemuan kita dengan Menpan RB tadinya mendapatkan hasil, dimana untuk daerah yang tidak dapat alokasi CPNS 2013 tetap mendapatkan hak untuk honorer K2 mengikuti tes CPNS," katanya.

Dikatakan Jhon Fikar, Menpan-RB akan memberikan tes kepada para honorer K2 dari masing-masing daerah, dan soal untuk tes tersebut nantinya dikeluarkan oleh Menpan-RB sendiri. Sedangkan alokasi untuk kegiatan tes honorer K2 tersebut sepenuhnya ditanggung oleh Pemerintah daerah. Dijelaskannya lebih jauh, untuk kategori K2 akan mengikuti tes yang meliputi ujian tes kemampuan dasar dan tes kemampuan bidang.

"Untuk tes kemampuan dasar terdapat tiga hal di dalamnya, pertama wawasan pemerintah, intelejensi umum, dan integeritas. Sementara untuk tes kemampuan bidang disesuaikan dengan honor dari honorer K2 masing-masing daerah. Semua biaya ditanggung oleh daerah, karena Menpan-RB untuk tes tersebut keterbatasan anggaran," jelas Sekertaris Komisi I DPRD Dumai.

Kemudian dalam keterangan Menpan-RB, kata Jhon Fikar, dari total seluruh daerah yang akan ikut sebanyak 620 ribu sedangkan 30 persennya berhak mendapatkan gelar PNS. Peserta juga berhak untuk mendapatkan hak yang sama ikut CPNS meski daerah tempat kerjanya tidak menerima alokasi CPNS 2013.

"Bagi daerah yang tidak mendapatkan alokasi CPNS 2013, maka kuota diperuntukkan bagi honorer K2. Tes yang akan diikuti nantinya oleh honorer K2 berlangsung secara bertahap, mereka harus lulus tes kemampuan dasar baru kemudian berhak mengikuti tes kemampuan bidang," sebutnya.

Sementara jawaban Menpan-RB, kenapa Kota Dumai tidak mendapat alokasi CPNS 2013? kata dia, karena diharuskan adanya analisis kebutuhan pegawai dan analisis kebutuhan jabatan.

"Kita belum pastikan apakah Kota Dumai sudah memenuhi standar Menpan atau belum, terhadap dua analisis yang sesuai kriteria Menpan. Sedangkan, untuk Dumai sendiri, tiap tahun selalu dialokasikan anggaran untuk analisis kebutuhan pegawai dan analisis kebutuhan jabatan, namun nanti kita pastikan apakah sudah memenuhi standar dari kementrian," jelasnya.

Disebutkan Jhonfikar, pertemuan Komisi I DPRD Dumai ke Menpan disambut Sekretaris Menpan Tasdik Kinanto dan didampingi Kabid rekrut CPNS, Diah Paras.

"Kita sampaikan untuk honorer K2 di Kota Dumai tidak perlu khawatir, karena hak mereka untuk ikut CPNS masih terbuka lebar, namun harus mengikuti tes yang ditentukan oleh Menpan RB. Sedangkan alokasi anggarannya keseluruhan dibebankan kepada daerah melalui APBD, dan jika lulus tes maka berhak menjadi CPNS,"sebutnya.

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Entri Populer

 
Toggle Footer