Breaking News
Loading...
Friday, October 25, 2013

Tips Memilih Agen Asuransi

9:28 AM
Meskipun sudah mengetahui dan jauh lebih mengenal mengenai manfaat asuransi yang begitu besar bagi kehidupan terutama keadaan ekonomi, masih saja ada keraguan yang terlintas dalam benak banyak orang mengenai asuransi. Kegiatan apa pun yang melibatkan uang di dalamnya terlebih lagi dalam jumlah besar tentu akan membuat seseorang mempertimbangkan dengan masak mengenai hal tersebut termasuk asuransi karena tidak ada orang yang ingin membuang uang untuk membeli asuransi yang nantinya tidak akan memberikan manfaat baik bagi diri mereka maupun keluarga. Prinsip asuransi sendiri pada dasarnya jelas memberikan manfaat bagi para pemegang polisnya. Akan tetapi, keraguan justru muncul dari perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi yang diinginkan oleh calon nasabah. Ada banyak orang yang khawatir dengan penipuan perusahaan asuransi yang memang marak terjadi baik di Indonesia maupun di dunia secara umum termasuk di negara maju. Oleh karena itu, calon nasabah perlu jeli dan teliti dalam memilih perusahaan serta agen asuransi yang baik.


Masyarakat kini mulai berhati-hati dalam menentukan jenis investasi tak terkecuali asuransi. Hal itu sebagai respon atas maraknya investasi bodong.

Malah belakangan terakhir produk asuransi juga dinilai penuh risiko karena ada kemungkinan klaim tidak bisa dicairkan. Kasus ini menimpa salah satu anak musisi terkenal Ahmad Dhani yang bernama Abdul Qodir Jaelani (AQJ) alias Dul.

Lalu, apa saja hal perlu dilakukan si investor atau pembeli asuransi sebelum memilih produk asuransi yang baik dan aman?

Ketua Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Hendrisman Rahim mencoba memberi pandangan.

"Pada dasarnya sebenarnya semuanya perusahaan asuransi baik, namun memang harus teliti sebelum membeli," kata Hendrisman saat ditemui di kantornya The Plaza Office Tower, Jakarta, Jumat (27/9/2013).

Dia menjelaskan, hal pertama yang harus dilakukan si pembeli polis adalah tanyakan secara detil ke agen penjual apa hak dan kewajiban antara penjual dan pembeli.


Ada beberapa hal yang patut diperhatikan dalam memilih perusahaan asuransi yang handal dalam memberikan pelayanan sekaligus dapat dipercaya. Reputasi perusahaan merupajan satu hal penting yang harus diperhatikan selain perusahaan tersebut harus terdaftar di Kementerian Keuangan tentunya. Calon nasabah perlu menyelediki masalah yang dialami oleh perusahaan, laporan keuangan, kesuksesan perusahaan, dan track record dalam pemrosesan klaim nasabah. Perusahaan asuransi yang baik adalah perusahaan yang mempunyai standar tinggi dalam poin-poin tersebut. Banyak orang yang tergiur untuk membeli produk asuransi dengan premi murah dengan berbagai macam keuntungan yang diberikan yang dianggap luar biasa. Namun, calo nasabah perlu rasional bahwa perusahaan asuransi tidak akan menawarkan produk asuransi yang akan membuat perusahaan bangkrut dan penawaran semacam ini perlu diwaspadai sebagai penipuan.

Faktor agen asuransi juga sangat perlu diperhatikan untuk mendapatkan manfaat perlindungan yang maksimal terlebih lagi jika berurusan dengan klaim. Banyak orang yang terkejut saat memproses klaim karena ada beberapa fakta mengejutkan yang terkuak. Hal ini bisa dihindari sejak saat pemilihan agen asuransi sebenarnya karena agen asuransi yang baik akan dengan senang hati menjawab segala pertanyaan calon nasabah tentang berbagai detail penting termasuk klaim yang merupakan isu penting dalam setiap asuransi.

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Entri Populer

 
Toggle Footer