Breaking News
Loading...
Monday, October 28, 2013

Tips Mengatur Gaji Bulanan

8:10 AM

Bagaimana Tips Mengatur Gaji Bulanan? Menjadi seorang karyawan memang sangat bergantung pada penghasilan bulanan yang di berikan oleh perusahaan atau yang biasa kita sebut gaji. Yang biasanya kita terima di akhir bulan setelah sebulan bekerja, dan seringnya saat gaji belum di tangan, sudah terbayang segala macam tagihan dan pengeluaran. yg membuat gaji sebulan kita langsung habis dalam beberapa hari. Lalu gimana cara mengelola uang gaji bulanan?

Gaji yg didapat dari sebulan bekerja kayanya sayang banget kalo harus ludes dalam beberapa hari. Ada baiknya menggunakan gaji bulanan untuk hal-hal dan kebutuhan yg emang dibutuhkan. Nah, mungkin beberapa cara mengatur gaji bulanan agar gak cepat habis yg bisa kamu lakukan

Inilah Tips Cerdas Agar Gaji Bulanan gak Habis Sia-sia

* Sisihkan untuk Zakat dan Amal
Mulai saat ini coba kamu sisihkan di awal gaji bulanan yang kamu terima minimal 2,5% untuk zakat / sedekah. Atau lebih bagusnya lagi 10%. Ingat keluarkan di awal. Bagikan kepada sodara atau orang-orang di sekitar lingkungan kamu yang tidak mampu. Ini penting karena sedekah itu dapat memancing rejeki yang lain.

* Bayar Utang

Utang ialah pengeluaran wajib yang harus di lunasi, karena di sinilah integritas dan kepercayaan kamu di pertaruhkan. Semakin tepat waktu kamu membayar hutang, maka harga diri dan integritas kamu tetap terjaga. Bayarlah hutang kamu Sebelum kamu membelanjakan uang gaji, anggarkan 30% dari gaji untuk membayar hutang.

* Buat Daftar Tagihan

Buatlah daftar tagihan yg biasa Kamu terima setiap bulan. Mulai dari kartu kredit, cicilan rumah, mobil dan sebagainya. Lalu sesuaikan dengan 30 persen pendapatan Kamu. Dari perhitungan tadi, berpikir ulang sebelum membeli sesuatu dengan berhutang.

* Buat Biaya Hidup

Setelah tiga hal dengan skala prioritas utama diatas udah dialokasikan, gaji bulanan Kamu kepada hal yg sifatnya fleksibel atau bisa diutak-atik sesuai dengan kebutuhan.
Masukkan 40 persen dari gaji bulanan Kamu untuk belanja kebutuhan sehari-hari seperti makanan, listrik, internet, telepon, rumah, bayar sekolah anak, transportasi dan iuran lainnya.

* Buat Dua Rekening Bank Berbeda

Hal ini bertujuan untuk menampung uang tabungan di rekening satunya. Usahakan rekening bank untuk uang tabungan kamu bebas biaya administrasi dan hanya memakai buku tabungan saja tanpa kartu ATM. Biar kamu gak berfikiran untuk mengambil uang yg seharusnya ditabung.

* Buat Anggaran Bulanan

Biar keuangan kamu jelas mengalir kemana saja, buatlah anggaran untuk pengeluaran kamu selama satu bulan ke depan. Berkomitmenlah dengan itu agar keuangan semakin tertata rapi.

* Meningkatkan Penghasilan

Kehidupan dan kebutuhan kedepannya pasti semakin meningkat. Cobalah untuk berfikir mencari penghasilan tambahan. Belajarlah berwirausaha, atau mencoba ikutan usaha temen. Kalo kamu punya keahlian khusus coba lebih ditingkatkan skillnya, jadilah profesional mandiri.

* Untuk Gaya Hidup

Hiburan kadang dibutuhkan untuk membuat pikiran fresh kembali setelah bekerja keras. Jadi, sebaiknya emang ada alokasi dana untuk menonton di bioskop, membeli buku baru, baju baru atau liburan bersama keluarga.
Tapi pengalokasian dananya harus disesuaikan juga dengan kebutuhan lain yg lebih penting. Masukkan porsi gaji bulanan Kamu sebesar 15 persen untuk pos energy boost ini.

Itulah sedikit tips mengelola gaji bulanan biar gak terlalu boros yang bisa kamu lakukan. Semoga artikel Tips Sukses Mengatur Uang Gaji Bulanan diatas bisa bermanfaat dan menjadi acuan kita menghemat keuangan menjadi lebih baik untuk masa depan.
Nantikan tips-tips menarik lainya seputar karir dan kehidupan anda di blog ini, jangan lupa bagikan ke yang lain ya

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Entri Populer

 
Toggle Footer