Breaking News
Loading...
Thursday, October 3, 2013

Informasi Beasiswa Kota Sabang - Mahasiswa Sabang Tuntut Beasiswa

8:01 AM
SABANG - Sejumlah mahasiswa Sabang, baik yang kuliah di kota itu maupun di luar kota bahkan di luar negeri, mempertanyakan realisasi penyaluran beasiswa tahun 2013. Pasalnya, hingga saat ini belum ada kejelasan dari pemerintah setempat, terkait penyaluran beasiswa tersebut.

Para mahasiswa ini meminta kejelasan dari pemerintah, apakah beasiswa untuk mereka masih dialokasikan atau tidak. Sebab, mulai tahun ini Pemko Sabang sudah memplotkan beasiswa untuk seluruh pelajar di Sabang, mulai dari murid SD hingga SMA dan santri.

Mereka khawatir, dengan adanya program beasiswa untuk seluruh pelajar, beasiswa untuk mahasiswa dikurangi atau malah ditiadakan. Sejumlah mahasiswa kepada Serambi, kemarin, meminta Bagian Biro Keistimewaan setempat, lebih transparan tentang pengelolaan beasiswa. Sehingga tidak ada mahasiswa yang tidak mendapatkan beasiswa.

“Kami mahasiswa ingin informasi tentang beasiswa ini lebih transparan dab tidak ditutup-tutupi. Sehingga kami tak khawatir tidak akan mendapatkan jatah beasiswa tersebut,” kata Adi, didampingi beberapa mahasiswa lain.

Sebelumnya, beberapa mahasiswa juga mempertanyakan persoalan masih ada sekitar 10 mahasiswa yang yang hingga akhir tahun 2012 belum menerima beasiswa tersebut. Padahal, sebelumnya kesepuluh mahasiswa itu sudah terdaftar sebagai penerima beasiswa 2012.

Para mahasiswa itu berharap, di tahun 2013 jumlah beasiswa tidak dikurangi. Sehingga mereka, khususnya yang kurang mampu tidak mengalami kendala dalam menuntut ilmu serta dapat menyelesaikan kuliahnya.(gun)

Rp 1,140 Miliar untuk Mahasiswa
KEPALA Bagian (Kabag) Keistimewaan Setdako Sabang, T Zulkifli SE, mengatakan, meski Pemko Sabang mengalokasikan beasiswa untuk ribuan siswa, namun itu tidak mempengaruhi beasiswa untuk mahasiswa. Tahun 2013, Pekmo Sabang tetap mengalokasikan dana Rp 1,140 miliar untuk beasiswa mahasiswa.

Jumlah beasiswa yang diberi bervariasi, Rp 1 juta untuk mahasiswa di Sabang dan Banda Aceh, dan Rp 1,5 juta untuk mahasiswa di luar Aceh (termasuk di luar negeri) atau yang sedang menyusun skripsi. Seluruh mahasiswa Sabang berhak menerimanya sekitar 1.034 orang.

Mengenai realisasi, Zulkifli mengatakan pihaknya mengupayakan secepatnya. Pemko juga akan mengumumkan lebih cepat, sehingga tak ada mahasiswa yang ketinggalan informasi untuk melengkapi berkas. Kata Zulkifli, kemungkinan awal April 2013 sudah umumkan. Selanjutnya akan dikucurkan.

Mengenai mahasiswa yang belum menerima beasiswa tahu 2012, menurut Zulkifli, hanya tinggal satu orang. Awalnya memang ada 10, tapi rekening bank mereka sudah mati/ditutup. Tapi saat ini hanya tersisa satu orang juga karena alasan yang sama.

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Entri Populer

 
Toggle Footer