Breaking News
Loading...
Tuesday, September 24, 2013

Info CPNS Merangin - Tes CPNS Merangin Jalur Umum Dibuka

8:16 AM
BANGKO-Setelah dihentikan sejak tahun 2011 sampai 2012, pada akhir tahun 2013 Kabupaten Merangin kembali berpeluang untuk membuka tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari jalur umum.  Bila memang terwujud, maka ini akan menjadi kesempatan terbaik bagi para peminat untuk menjadi abdi Negara.
Informasi ini mencuat setelah pihak Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB), menggodok formasi CPNS baru dari pelamar umum, yang diusulkan setiap daerah pada tahun 2012 lalu.
Untuk diketahui, pada bulan Juli tahun 2012 lalu, Pemerintah Kabupaten Merangin, melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) juga turut mengusulkan formasi CPNS ke Badan Kepegawaian Nasional (BKN).
Artinya bila formasi yang diusulkan oleh BKD itu diterima dan dinyatakan layak oleh BKN dan Kemen PAN-RB, maka tes CPNS untuk umum di akhir tahun 2013 ini dipastikan akan digelar.
Namun untuk kuota penerimaan CPNS tahun 2013 tidak sebesar tahun sebelumnya. Secara keseluruhan yang disediakan hanya 60 Ribu kursi, terdiri dari 20 Ribu kursi untuk pusat dan 40 Ribu kursi untuk Daerah.
Pihak BKD Kabupaten Merangin kepada Merangin Ekspres, mengaku belum menerima informasi resmi dari pihak BKN terkait rencana penerimaan CPNS tahun 2013 ini. Kendati demikian pihak BKD cukup oftimis formasi yang mereka usulkan berpeluang diterima oleh BKN dan Kemen PAN-RB.
‘’Ini baru kemungkinan tapi peluang besar adanya penerimaan CPNS dari Pelamar umum. Seluruh BKD juga menunggu kepastian ini,” Ungkap Kabid Mutasi dan Pengangkatan Kepegawaian BKD Merangin, Satria Efendi, Selasa (28/5).
Satria mengungkapkan, ada kemungkinan bila tes CPNS jalur umum dibuka tahun ini, maka pelaksanaannya akan berbarengan dengan tes CPNS katagori II. Namun untuk lebih jelasnya pihak BKD masih menunggu edaran dari BKN. ‘’Kemungkinan tes CPNS pelamar umum dan K II dilakukan bersamaan,” jelasnya.
Untuk formasi kebutuhan PNS di Merangin, Satria mengakui sudah mengirim usulaan formasi dan analisis beban kerja dan jabatan kepada Kemen PAN-RB dan BKN pusat karena usulan itu bersifat berkelanjutan.
Dalam usulan itu BKD Merangin sudah mengevaluasi berapa jumlah PNS yang dibutuhkan, PNS yang ada saat ini dan kekurangannya, Sehingga pihak pusat melihat dari usulan dan analisis tersebut kemudian baru dikirim berapa jumlah formasi dalam penerimaan CPNS.
‘’Kalau formasi sudah dikirim bulan Juni tahun 2012 lalu, formasi yang dikirimkan untuk analisis kebutuhan pegawai lima tahun ke depan. Seandainya ada penerimaan dari pelamar umum maka formasinya diamabil dari usulan itu,” ungkapnya.(adm)

Fomasi Guru Paling Berpeluang

SEMENTARA itu, bila Kemen PAN-RB dan BKN meloloskan usulan formasi CPNS untuk Kabupaten Merangin, maka yang paling berpeluang besar adalah formasi guru. Karena berdasarkan analisis kebutuhan pegawai yang diusulkan BKD Merangin ke BKN, kebutuhan paling banyak adalah formasi guru.
Kasi Diklat BKD Merangin, Iswandi, mengatakan usulan formasi yang dikirim ke BKN tahun 2012 lalu, diketahui Kabupaten Merangin masih butuh tambahan 1482 pegawai. Untuk tenaga guru butuh tambahan 964 kursi, pegawai struktural dan fungsional 469 kursi, tenaga kesehatan 5 kursi dan tenaga teknis 44 kursi.
Kondisi pegawai di Kabupaten Merangin saat ini, kata Iswandi, untuk struktural dan fungsional hanya ada 2185 orang pegawai sementara kebutuhan sebanyak 2654 orang. Untuk Guru hanya ada 964 sementara kebutuhan 4362 orang.
Selanjutnya kebutuhan tenaga kesehatan dan Puskesmas sebanyak 893 PNS yang tersedia hanya 898 PNS, dan Kebutuhan Tenaga Teknis sebanyak 334 PNS yang tersedia hanya 290.
‘’Jadi secara keseluruhan kebutuhan pegawai di Merangin 1482 orang, dan itu yang diusulkan ke BKN tahun lalu,” jelasnya.
Ditanya peluang diterimanya formasi usulan dari Kabupaten Merangin, Iswandi belum berani memastikannya. Menurutnya penentuan itu akan dikejadi lebih jauh oleh BKN dan Kemen PAN-RB.
Namun Ia menjelaskan, dari 1482 kebutuhan pegawai itu belum dikurangi dengan pengangkatan CPNS katagori I pada awal tahun 2013 lalu. Karena analisis kebutuhan itu berdasarkan kondisi pada tahun 2012 lalu. Maka dengan adanya pengangkatan CPNS K I, secara otomatis formasi kebutuhan pegawai akan berkurang.
‘’Dari 1482 Formasi yang sudah diusulkan berkurang karena sudah terisi CPNS K I berjumlah 288 orang,” pungkasnya.(adm)

2 comments:

  1. Lolos PNS Guru di lingkungan Kemenag. SAROLANGUN Berawal dari keinginan kuat untuk mengikuti test tertulis CPNS yang dilaksanakan oleh PEMDA JAMBI tepatnya di SAROLANGUN dimana saya tinggal, saya pun ikut berpartisipasi mengikutinya. Namun sebenarnya bukan sekedar hanya berpartisipasi tapi terlebih saya memang berkeinginan untuk menjadi seorang PNS. Waktu pun terus berjalan, karena tertanggal 5 Desember 2013 yang lalu saya pun mengikuti Test CPNS yang diselenggarakan oleh PEMDA JAMBI dengan harapan yang maksimal yaitu menjadi seorang PNS. Kini tanggal 18 Desember 2013, pengumuman test kelulusan tertulis itu diumumkan. Dengan sedikit rasa was-was dan bercampur tidak karuan menyelimuti pikiranku. rasa pesimisku memang timbul, karena pengumuman yang di informasikan adalah tertanggal 11 Desember 2013 namun di undur tanggal 18 Desember 2013. Dengan mengucapkan BISMILLAH, aku pun masuk ke halaman kantor BKD untuk melihat hasil pengumuman test tertulis CPNS. Dan Syukur Alhamdulillah saya pun LULUS diurutan ke 3 dari 1 formasi yang saya ikuti di Kabupaten SAROLANGUN Prov. JAMBI. Dan berikut peringkat screen shoot yang saya jepret menggunakan Ponsel kesayanganku. Puji Syukur tak henti-hentinya aku panjatkan ke Hadirat Allah SWT, atas rezeky yang diberikan kepadaku. Semua hasil ini saya ucapkan terimakasih kepada : 1. ALLAH SWT; karena KepadaNya kita mengemis dan memohon. 2. Suami dan Anak [DikMa]; Dukungan Do’anya sangat berharga dalam pencapaian saat ini. 3. Orang Tua, Saudara-saudaraku; Tetap mensupport aku selama 3 bulan terakhir ini, terimakasih mama, terima kasih kakak perempuanku, terima kasih kakak laki-lakiku tak terlepas juga buat teman-temanku terimakasih semuanya. 4. Terimakasih untuk khususnya Bpk.Drs.Dede Djunaedhy M,Si. beliau selaku petinggi BKN PUSAT,dan dialah membantu kelulusan saya selama ini,alhamdulillah SK saya tahun ini bisa keluar. Anda ingin LULUS seperti saya silahkan anda hubungi Dit pengadaan pns Drs.Dede Djunaedhy M,Si 081333555057.wassalam...

    ReplyDelete
  2. Lolos PNS Guru di lingkungan Kemenag jatim) Berawal dari keinginan kuat untuk mengikuti test tertulis CPNS yang dilaksanakan oleh PEMDA JATIM tepatnya di kab SIDOARJO dimana saya tinggal, saya pun ikut berpartisipasi mengkutinya. Namun sebenarnya bukan sekedar hanya berpartisipasi tapi terlebih saya memang berkeinginan untuk menjadi seorang PNS. karena tanggal 5 Desember 2013 yang lalu saya pun mengikuti Test CPNS yang diselenggarakan oleh PEMDA JATIM dengan harapan yang maksimal yaitu menjadi seorang PNS. Kini tanggal 18 Desember 2013, pengumuman test kelulusan tertulis itu diumumkan. Dengan sedikit rasa cemas dan bercampur tidak karuan menyelimuti pikiranku. Rasa pesimiskupun timbul, karena pengumuman yang di informasikan adalah tertanggal 15 Desember 2013 namun di undur tanggal 21Desember 2013. Dengan mengucapkan BISMILLAH, aku pun masuk ke halaman kantor BKD untuk melihat hasil pengumuman test tertulis CPNS. Dan Syukur Alhamdulillah saya pun LULUS diurutan ke 2 dari 1 formasi yang aku ikuti di Kabupaten SIDOARJO Prov JAWA TIMUR. Dan berikut peringkat screen shoot yang saya jepret menggunakan Ponsel kesayangku. Puji Syukur tak henti-hentinya aku panjatkan ke Hadirat Allah SWT, atas rezeki yang diberikan kepadaku.dan untuk hasil ini saya ucapkan terimakasih kepada : 1. Orang Tua, Saudara-saudaraku; Tetap mensupport aku selama 3 bulan terakhir ini, terimakasih Mama juga buat teman-temanku terimakasih semuanya. 2. Terimakasih khususnya Bpk.Drs.DEDE DJUNAEDHY M.SI beliau selaku petinggi BKN PUSAT,dan dialah yang membantu kelulusan saya,alhamdulillah SK saya tahun ini bisa keluar.jadi bagi temen2 yang ingin LULUS seperti saya silahkan anda hubungi Direktur pengadaan PNS Drs.DEDE JUNAEDY M.SI,0878 4299 6999.wassalam.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Entri Populer

 
Toggle Footer