Breaking News
Loading...
Friday, September 20, 2013

Info CPNS Tanjung Pinang - Pemko Tanjungpinang Buka Pendaftaran CPNS

9:15 AM
TANJUNGPINANG (HK) - Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang akan membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) khusus untuk tenaga penyuluh pertanian. Namun, belum dipastikan berapa jumlah CPNS yang akan direkrut karena masih menunggu informasi dari pemerintah pusat.
"Khusus tenaga penyuluh pertanian. Ini serentak se-Indonesia. Total keseluruhan CPNS yang akan direkrut secara nasional berjumlah 60.000 orang. Tapi berapa jatah setiap daerah, saya belum mengetahuinya," kata Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tanjungpinang Syafrial Evi di sela-sela kegiatan pembukaan turnamen futsal antar parpol-TNI Polri dan wartawan di Tanjungpinang, Sabtu (1/6).

Sedangkan untuk perekrutan CPNS umum, kata Syafrial, Pemko belum mengetahui secara pasti, apakah juga akan dibuka pendaftarannya atau tidak tahun ini atau tidak. Namun, CPNS yang akan direkrut nanti, idealnya diharapkan di setiap satu kelurahan, pemerintah menginginkan ada 18 orang khusus untuk tenaga penyuluh pertanian tersebut.

"Sistemnya sama, yakni tes. Kemarin pas pertemuan di Jakarta, sistem perekrutan, mulai dari yang menentukan dan mengawasi CPNS ini tadi semuanya dari pusat. Kepala daerah hanya menandatangani saja. Makanya, waktu pertemuan itu, sejumlah Walikota protes perekrutan itu. Seharusnya, juga ada rekomendasi dari kepala daerah," katanya.

Syafrial mengatakan, melihat kondisi saat ini, jelas, PNS tetap yang dimiliki Pemko sangatlah kurang. Tetapi kekurangan itu sudah diisi oleh tenaga honorer, jadi jumlahnya berlebih.

"Kita berharap juga ada rekrut PNS dari honorer, dengan pola berimbang ada dari umum juga. Honor itu tadi yang diutamakan adalah tenaga medis dan guru. Karena, kita masih banyak kekurangan tenaga guru di kota ini," katanya.

Kekurangan tenaga guru, kata Syafrial, dikarenakan banyaknya PNS tenaga guru yang sudah pensiun, jumlahnya mencapai 100 lebih orang. Sedangkan Tenaga guru honorer angkanya cukup fantastis mencapai 1200 orang. Mereka direkrut tidak sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh pemerintah serta tidak memenuhi standar pengangkatan honor. Masalah ini dikarenakan, tidak adanya perekrutan CPNS dibidang tersebut.

"Ada dilema dari sekolah kita, kalau tak diangkat honorer, tak ada pengganti PNS guru yang pensiun. Makanya mereka merekrut sendiri tenaga honorer itu. Padahal, kita sudah mewanti-wanti tidak mengangkat honorer, apalagi jumlahnya mencapai ribuan orang. Sehingga kita adakan seleksi adminitrasi sesuai kemampuan keuangan daerah dan di drop ke data base. Kemungkinan bisa kita rekrut CPNS," ucapnya lagi.

Sementara itu, lanjut Syafrial, saat ini, sesuai data yang telah dihimpun, terdapat enam orang lulusan SMA menjadi guru pegawai negeri sipil tetap. Hal ini terjadi, karena ada kesalahan dari pusat. Oleh sebab itu, Pemko akan kembali melakukan pendataan secara kongkrit. Karena, seseorang diangkat menjadi guru PNS tetap, wajib melalui kualifikasi pendidikan minimal D3 dan S1.

"Ada enam lulusan SMA yang jadi guru tetap di Tanjungpinang," katanya. (yan)

1 comments:

  1. Lolos PNS Guru di lingkungan Kemenag Sarolangun

    Berawal dari keinginan kuat untuk mengikuti test tertulis CPNS yang dilaksanakan oleh PEMDA JAMBI tepatnya di kab.SAROLANGUN dimana saya tinggal, saya pun ikut berpartisipasi mengikutinya. Namun sebenarnya bukan sekedar hanya berpartisipasi tapi terlebih saya memang berkeinginan untuk menjadi seorang PNS. Waktu pun terus berjalan, karena tertanggal 5 Desember 2013 yang lalu saya pun mengikuti Test CPNS yang diselenggarakan oleh PEMDA JAMBI dengan harapan yang maksimal yaitu menjadi seorang PNS. Kini tanggal 18 Desember 2013, pengumuman test kelulusan tertulis itu diumumkan. Dengan sedikit rasa was-was dan bercampur tidak karuan menyelimuti pikiranku. Rasa pesimisku memang timbul, karena pengumuman yang di informasikan adalah tertanggal 11 Desember 2013 namun di undur tanggal 18 Desember 2013. Dengan mengucapkan BISMILLAH, aku pun masuk ke halaman kantor BKD untuk melihat hasil pengumuman test tertulis CPNS. Dan Syukur Alhamdulillah saya pun LULUS diurutan ke 3 dari 1 formasi yang saya ikuti di Kabupaten SAROLANGUN Prov. JAMBI. Dan berikut peringkat screen shoot yang saya jepret menggunakan Ponsel kesayanganku.

    Puji Syukur tak henti-hentinya aku panjatkan ke Hadirat Allah SWT, atas rezeki yang diberikan kepadaku. Semua hasil ini saya ucapkan terimakasih kepada :

    1. ALLAH SWT; karena KepadaNya kita mengemis dan memohon.

    2. Suami dan Anak [DikMa]; Dukungan Do’anya sangat berharga dalam pencapaian saat ini.

    3. Orang Tua, Saudara-saudaraku; Tetap mensupport aku selama 3 bulan terakhir ini, terimakasih Mama, terima kasih Kakak Perempuan ku, terima kasih Kakak Laki-laki ku tak terlepas juga buat teman-temanku terimakasih semuanya.

    4. Terimakasih untuk khususnya Bpk.Drs.DEDE DJUNAEDHY M.Si beliau selaku petinggi BKN PUSAT,dan dialah membantu kelulusan saya selama ini,alhamdulillah SK saya tahun ini bisa keluar.anda ingin LULUS seperti saya silahkan anda hubungi Dit. pengadaan pns Drs.DEDE DJUNAEDHY M.Si,081 333 555 057.wassalam.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Entri Populer

 
Toggle Footer