Breaking News
Loading...
Monday, September 16, 2013

Informasi Pendaftaran CPNS Dumai - Kok Hanya 16 Honorer yang Lulus CPNS Dumai ?

9:32 AM
Lagi lagi ratusan tenaga honorer kategori satu (K1) Kota Dumai harus kembali gagal diangkat sebagai calon pegawai negeri sipil (CPNS).  Hasil verifikasi tim pusat yang terdiri BKN, BPKP, dan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara hanya meloloskan 16 dari 143 tenaga honorer K1 dalam verifikasi.

Keputusan Pemerintah Pusat yang hanya meloloskan 21 tenaga honorer tersebut mengejutkan sejumlah kalangan. Tak terkecuali, anggota Komisi I DPRD Dumai yang sudah ikut memperjuangkan para honorer hingga ke BKN dan MenPAN pada Maret 2012 lalu.

Oleh karenanya, setelah pengumuman kelulusan pada 20 Desember, Komisi I DPRD Dumai langsung menggelar hearing dengan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Dumai pada 27 Desember lalu.

"Mengetahui informasi itu, kami (anggota Komisi I) semua kaget dan miris. Kok hanya 16 orang yang lulus dari 143 tenaga honorer. Beberapa hari setelah mendapatkan edaran MenPAN itu, kami langsung mengundang BKD dalam forum hearing, untuk menanyakan penyebab tidak lulusnya ratusan tenaga honorer K1 menjadi CPNS," ujar Sekretaris Komisi I DPRD Dumai, Jhonfikar, kepada Tribun, Minggu (6/1).

Komisi I DPRD Dumai wajar miris. Mengingat, perjuangan anggota dewan sudah sampai ke MenPAN dan BKN untuk meloloskan tenaga honorer. Yaitu pada Maret 2012, setelah mengetahui hanya 13 tenaga honorer lolos dari 143 yang diajukan, maka dewan pun langsung menemui MenPAN dan BKN. Para wakil rakyat tersebut mempertanyakan penyebab ketidaklulusan dan sekaligus memperjuangkan kembali 130 honorer untuk bisa mengikuti verifikasi tahap kedua.

"Setelah kami perjuangkan pada Maret lalu, kemudian Oktober diumumkan ada 8 honorer telah memenuhi kriterai (MK). Sehingga totalnya ada 21 honorer yang lolos. Tapi kok, pada pengumuman Desember hanya 16 honorer yang lulus dari 143.  Artinya, perubahanya hanya 3 honorer yang dinyatakan lolos. Kami aneh, kok yang sudah MK bisa dinyatakan tidak lulus," ujar Jhonfikar.

Lebih miris lagi, jika dibandingkan dengan kabupaten/kota tetangga. Seperti Kabupaten Meranti, jumlah tenaga honorer yang lulus CPNS mencapai 163 orang. Kabupaten Bengkalis bahkan sebanyak 336 honorer dinyatakan lulus CPNS.

"Lebih lebih miris lagi, daerah tetangga, seperti Bengkalis jumlah honorer yang lulus mencapai 336 orang. Dumai kok malah hanya 16 orang saja,"ujar Jhonfikar berkali kali.

Tenaga honorer K1 adalah honorer Tenaga honorer yang penghasilannya dibiayai dari APBN atau APBD dengan kriteria diangkat oleh pejabat yang berwenang, bekerja di instansi pemerintah, masa kerja paling sedikit 1 tahun pada 31 Desember 2005 dan sampai saat ini masih bekerja secara terus menerus, berusia paling rendah 19  tahun dan tidak boleh lebih dari 46 tahun pada 1 Januari 2006.

Pemerintah melalui Peraturan Pemerintah Nomor 56 Tahun 2012 membuka pengangkatan tenaga honorer menjadi CPNS.

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Entri Populer

 
Toggle Footer