Breaking News
Loading...
Wednesday, September 18, 2013

Informasi Pendaftaran CPNS Lingga - TAK TERSEDIA DANA DI APBD, SELEKSI CPNS LINGGA DITUNDA TAHUN DEPAN

3:59 PM
Daik, (LINGGA POS)  – Tahun ini Pemkab Lingga tidak menyelenggarakan seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk pelamar umum, kecuali bagi tenaga honorer Kategori 2 (K2), yakni mereka yang sudah bekerja atau honor pada periode 1 Januari – 31 Desember 2005. Penangguhan pelaksanaan seleksi penerimaan CPNS tahun 2013 itu tertuang dalam surat Bupati Lingga yang ditandatangani H. Daria Nomor 810/BKD-KP/VII/251 tanggal 26 Agustus 2013. Penangguhan seleksi penerimaan CPNS tersebut karena tidak ada dana di APBD Murni Lingga 2013. Hal itu diakui Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BPD) Pemkab Lingga, Syamsudi. “Benar, intinya isi surat itu untuk penangguhan pelaksanaan tes CPNS ke Menteri PAN-RB,” kata Syamsudi, Senin (9/9). Tes penerimaan CPNS tahun 2013 di Pemkab Lingga ditunda untuk pelamar umum, namun untuk tenaga honorer K2 tetap dilaksanakan. “Tes (seleksi,red) dari pelama umum ditunda karena tidak tersedia dana di APBD murni Lingga, sementara dalam APBD-P (Perubahan) sudah tidak memungkinkan untuk dianggarkan lagi,” kilah Syamsudi, yang mantan guru dan sudah dua periode menjabat Kepala BKD Lingga ini, sembari mengatakan tes CPNS untuk honorer K2 bisa dilaksanakan karena menggunakan dana dari pemerintah pusat (APBN).
KUOTA CPNS LINGGA 2013 SEBANYAK 230 ORANG.  Padahal menurut Ketua Komisi III DPRD Lingga Rudi Purwonugroho alokasi (kuota) kebutuhan untuk pelamar umum di Pemkab Lingga ada 230 orang. Dengan persentase 55 persen untuk tenaga guru, 35 persen tenaga kesehatan dan 10 persen untuk tenaga teknis, sedangkan untuk honorer K2 sebanyak 76 orang. Rudi sangat menyayangkan atas tidak adanya seleksi penerimaan CPNS tahun ini di Pemkab Lingga. Ironisnya, hal itu terjadi karena pihak BKD Lingga dari awal terkesan tidak transparan kepada masyarakat dan ‘lupa’ mengajukan anggaran terkait di APBD. Sementara melalui website Kementerian PAN-RB jelas menyatakan memberikan kuota ke masing-masing Pemda untuk mengajukan berapa kebutuhan tenaga pegawai di lingkungannya. “Buktinya, kami yang langsung menelusuri hingga ke Pemprov Kepri. Nyatanya Lingga mendapatkan kuota 230 orang termasuk 76 orang untuk honorer K2,” kata Rudi. Dia merasa kecewa, karena kelalaian pihak BKD Lingga para pemuda tempatan khususnya pencari kerja kehilangan kesempatan untuk ikut seleksi CPNS sementara mereka telah menunggu sejak lama.
ANEHNYA, BKD LINGGA SUDAH MENGAJUKAN.  “Masih untung, untuk seleksi CPNS bagi honorer K2 dananya dari pusat. Kalau tidak mereka juga tidak bisa ikut tahun ini dengan alasan tidak ada dana di APBD,” tambah Rudi.  Dia tidak habis pikir, mengingat sebelumya pihak BKD Lingga nyatanya telah mengajukan permintaan ke Kementerian PAN-RB melalui mekanisme seperti Ajab, Anjab dan ABK. “Mestinya sudah segera mengajukan anggaran terkait seleksi penerimaan CPNS tahun 2013 dalam APBD murni Lingga,” pungkasnya.

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Entri Populer

 
Toggle Footer