Breaking News
Loading...
Tuesday, September 3, 2013

Info CPNS Mukomuko - Pemda Mukomuko Belum Berani Buka Pendaftaran CPNS

6:55 AM
Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN dan RB) sudah memperbolehkan Pemda membuka lamaran tes CPNS lebih awal. Namun Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Mukomuko belum berani melakukannya.
Kepala BKPPD Mukomuko Ruslan menegaskan saat ini Mukomuko belum mendapatkan informasi pasti mengenai pengangkatan tenaga CPNS. Sehingga jika dibuka saat ini khawatir akan menimbulkan masalah baru, ketika Mukomuko tidak kebagian menerima CPNS tahun 2013 ini. “Wah kita tidak berani karena memang belum jelas,” kata Ruslan.
Ruslan mengatakan kemungkinan intansi atau daerah yang sudah membuka lamaran CPNS itu daerah dan intansi pusat yang sudah mendapatkan kuota CPNS. Sedangkan Pemda Mukomuko sendiri hingga kemarin belum mengetahui berapa kuota CPNS yang didapat tahun 2013 ini.
Jika formasi CPNS belum ada, maka tidak bisa membuka lamaran. Karena lamaran itu sangat tergantung dengan formasi. Supaya tidak menimbulkan masalah baru Ruslan lebih memilih untuk menunggu pemberitahuan resmi dari MenPan dan RB atau juga dari BKN. “Kalau suda ada surat edaran tentang pendaftaran CPNS baru kita berani membuka lamaran tes CPNS,” katanya.
Dikatakannya pihaknya masih menunggu panggilan untuk rapat koordinasi mengenai formasi CPNS tahun 2013 serta jadwal penerimaan CPNS. Sebab hingga saat ini belum diketahui. Hanya saja mengetahui sedikit mekanisme tes CPNS yang akan dibagi menjadi dua tahapan, yakni kemampuan dasar dan kemampuan kompetensi. Kelulusannya pun memiliki sistem grade. “Kita akan koordinasi dulu dengan pusat masalah ini,” katanya.
Pemda Mukomuko masih banyak kekurangan pegawai negeri untuk mengisi berbagai jabatan dan tugas pemerintahan dalam memberikan layanan pada masyarakat. Tahun 2013 ini Pemda Mukomuko mengusulkan kebutuhan penerimaan CPNS sebanyak 2.274 orang ke Badan Kepegawaian Negara (BKN).
Kebutuhan tersebut berdasarkan analisis jabatan terhadap kebutuhan CPNS selama 5 tahun ke depan. 2.274 itu rincian kebutuhan tenaga PNS Mukomuko didominasi tenaga teknis yang mencapai 1.390 orang. Kemudian kebutuhan tertinggi kedua adalah tenaga guru yang mencapai 667 orang. Lalu disusul tenaga kesehatan 217 orang. “Saat ini belum tahu berapa yang disetujui oleh pusat,” kata Kabid Pendataan dan Pengadaan Pegawai BKPPD Mukomuko Edy Suntono.
Sampai kini jumlah PNS Pemda Mukomuko mencapai 3.942 orang. Yang paling banyak adalah tenaga guru sebanyak 1.505 orang, tenaga teknis 1.484 orang dan terakhir tenaga medis 718 orang. Bila dibagi per golongan, golongan IV 648 orang, golongan III 1.739 orang, golongan II sebanyak 1.568 orang dan golongan I sebanyak 27 orang yang tersebar di SKPD jajaran Pemda Mukomuko

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Entri Populer

 
Toggle Footer