Breaking News
Loading...
Monday, September 9, 2013

Pendaftaran CPNS Inhu (Indragiri Hulu) - BKD Inhu Usulkan 3.346 CPNS Umum

6:44 AM
RENGAT - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) tahun ini membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Sebanyak 3.346 CPNS untuk jalur umum diusulkan ke Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara (Menpan).

Pengusulan CPNS ini berdasarkan Analisis Beban Kerja (ABK) dan perhitungan secara indek Pemerintah Kabupaten Inhu yang masih kekurangan 3.346 PNS. Beratnya beban kerja dan tanggung jawab yang mustinya dikerjakan tiga orang, saat ini masih  dikerjakan satu orang pegawai.

Usulan yang disampaikan BKD Inhu kepada BKN dan Menpan sesuai surat permintaan BKN Pusat No: 26/30/5.22.9/99 tertanggal 17 Januari 2013 tentang penyusunan formasi PNS daerah tahun anggaran 2013.

Surat tersebut dibalas oleh Pemkab Inhu melalui surat BKD Inhu dengan No: 800/BKD-BP/II/2013 tentang kebutuhan pegawai di lingkungan Pemkab Inhu tahun 2013.

Kepala BKD Kabupaten Inhu, Wardiati SSos dikonfirmasi melalui Kabid Perencanaan dan pengembangan pegawai, Agusrianto SE mengatakan jika usulan diakomodir maka semua kebutuhan pegawai masing-masing SKPD akan terpenuhi. "Kekurangan pegawai tersebut sesuai dengan penilaian ABK dan penilaian secara indek," ujar Agusrianto, Kamis (13/6).

Penilaian untuk tenaga pengajar khusus Sekolah Dasar (SD) dilakukan dengan sistem jumlah atau rombel. Sementara untuk mengetahui kekurangan tenaga pengajar SMP, SMA dan SMK  dihitung melalui jam belajar dan guru mata pelajaran.

“BKD Inhu sudah menyiapkan formasi kebutuhan tapi saat ini masih menunggu info lebih lanjut baik jumlah kuota, pelaksanaan penerimaan CPNS dari BKN dan Menpan,” jelas Irwan didampingi Kasubid Perencanaan pegawai, Irwan SE.

Kekurangan pegawai di Pemkab Inhu sesuai dengan ABK dan penilaian indek tahun 2013 dengan formasi Taman Kanak-kanak (TK) 5  guru, SD 620 guru, SMP Negeri  1.518 guru, SMA Negara 687 guru, dan SMK Negeri (SMK N) 237 guru.

Untuk tenaga kesehatan Inhu masih kekurangan  92 orang baik dokter, bidan dan perawat. Para medis dan  tenaga teknis lainnya Inhu masih kekurangan 187 orang. “Usulan untuk penerimaan CPNS melalui jalur umum sudah kita sampaikan melalui surat resmi ke BKN dan Menpan dengan jumlah kebutuhan 3.346 pegawai,” jelas Irwan.

Besarnya usulan jumlah kebutuhan pegawai di Inhu, ungkap Irwan, disebabkan pada 2012 lalu pemerintah pusat memberlakukan moratorium (penghentian sementara penerimaan pegawai negeri,red). Sejumlah kabupaten/kota ada yang menerima CPNS jalur umum tapi Pemkab Inhu patuh dengan keputusan pemerintah pusat sehingga tidak melakukan penerimaan CPNS.

“Dengan tidak dilakukan penerimaan CPNS tahun lalu, jumlah kebutuhan pegawai meningkat di Kabupaten Inhu pada masing-masing SKPD namun demikian. Sejumlah SKPD banyak memiliki tenaga honorer yang membantu tugas pegawai negeri," tutup Irwan. (cr01/mtr)

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Entri Populer

 
Toggle Footer