Breaking News
Loading...
Monday, September 2, 2013

Info CPNS Kepahiang - Tes CPNS Kepahiang Pakai LJK

7:27 AM
KEPAHIANG – Pada penyelenggaraan tes CPNS di Kabupaten Kepahiang tahun ini, Pemkab Kepahiang tidak akan menggunakan sistem Ujian Computer Assisted Test (CAT). Alasannya, Pemkab Kepahiang belum memiliki sarana yang memadai. Demikian diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kepahiang, Drs. H. Hazairin A Kadir, MM saat ditanya jurnalis Radar Bengkulu di kantor Bupati Kepahiang, Senin (22/07).
“Karena sarana belum memadai, maka kami belum bisa menyelenggarakan tes CPNS ini dengan sistem CAT. Jadi, masih pakai sistem lama,” ungkap Hazairin.
Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) pun telah memberi kemudahan bagi daerah yang belum memadai dari segi sarana tersebut untuk tidak menggunakan sistem ujian CAT. Seperti dilansir JPNN.com, Kamis (18/7) pemerintah pusat memberikan alternatif metode tes CPNS lewat uji tertulis atau lembar jawaban komputer (LJK).
Menurut Deputi Bidang SDM Aparatur KemenPAN-RB, Setiawan Wangsaatmaja, pemberlakuan LJK diberikan kepada daerah yang tidak siap dengan komputernya. “Kalau belum siap, boleh menggunakan sistem LJK untuk tes kompetensi dasarnya,” terang Iwan saat membawakan materi dalam Rakornas Pengadaan CPNS 2013 di Balai Kartini.
Setiawan menambahkan, metode tes tertulis dengan LJK berlaku bagi instansi yang jumlah pelamarnya besar dan tempat tes tidak berada dalam satu lokasi. “Prinsipnya tes CPNS harus melewati tes kompetensi dasar (TKD) dan tes kompetensi bidang (TKB). TKD bisa lewat CAT dan LJK yang soalnya ditentukan oleh panitia pengadaan CPNS nasional. Sedangkan TKB, tesnya ditentukan masing-masing instansi,” tandasnya.
Hanya 50 Formasi Guru
Pada bagian lain, Sekda Kepahiang, Hazairin menjelaskan bahwa Kabupaten Kepahiang dipastikan menerima sebanyak 50 formasi CPNS untuk lowongan tenaga pengajar atau guru. Meski demikian, Hazairin belum bisa memastikan jumlah formasi itu final atau belum.
“Dibilang final ya final, kalau dibilang belum kami masih akan mengupayakan. Tapi, yang jelas, yang disetujui hanya itu,” ungkap Hazairin kepada jurnalis,
Terkait pemanggilan oleh KemenPAN-RB, Hazairin menjelaskan bahwa pemanggilan itu membahas mekanisme penerimaan CPNS saja. “Itu hanya koordinasi saja soal mekanisme penerimaan CPNS. Tahun ini ada dua tes yang diselenggarakan yakni TKD dan TKB. Itu berdasarkan rakor kemarin oleh KemenPAN,” terangnya.(mae)

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Entri Populer

 
Toggle Footer