Breaking News
Loading...
Tuesday, July 30, 2013

Info CPNS Asahan - Mantan DPRD Tobasa Diduga Jaringan Calo CPNS Asahan

6:56 AM
Medan-Tertangkapnya mantan anggota DPRD Tobasa, Marisi Tambunan, dimanfaatkan pihak Polisi Daerah Sumatera Utara (Poldasu) untuk membuka jaringan calo calon pegawai negeri sipil (CPNS) lebih luas lagi. Sayangnya, Marisi cenderung tidak bekerja sama, keterangannya berbelit-belit.
Suami dari anggota DPRD Tobasa ini sebelumnya ditangkap di Jakarta karena menjadi buron penipuan terhadap CPNS senilai belasan miliar rupiah. Marisi dan Delisa Situmorang (sudah ditangkap juga), bertugas mencari para calon CPNS yang menjadi korban dengan menjanjikan bisa masuk menjadi PNS di Pemko Medan, instansi-instansi di Sumut dan di beberapa provinsi lain atau nasional.
Terkait itu, pihak Poldasu menghubungkan kasus tersebut dengan kasus penipuan CPNS jaringan Alexander Tigor Pandapotan Pardede. Nama terakhir adalah PNS Dinas Perhubungan Kabupaten Asahan, yang ditangkap petugas Direskrimum Poldasu Rabu (2/11) lalu sekitar pukul 08.30 WIB.
Kasubbid PID Humas Polda Sumut AKBP MP Nainggolan  yang dikonfirmasi Sumut Pos menjelaskan, Tigor ditangkap terkait laporan korban yang mengaku dijanjikan bisa masuk PNS  dengan Nomor Laporan Polisi : LP/686, 687, 688 / IX/ 2011/SPKT I Mapolda Sumut tertanggal 20 September 2011, ketiga korban  masing-masing bernama Kasteriana Saragih, Riana Gultom dan Lasmida Saragih. Di dalam laporan itu, ketiga korban mengaku mengalami kerugian sebesar Rp570 juta.
Dalam kasus di Asahan ini, seorang pengusaha bernama Palansius Panjaitan alias Parlan telah dimasukan dalam daftar DPO Direktorat Reserse Polda Sumut.
Dicurigai, Marisi dan Parlan memiliki hubungan. Setidaknya pada pemeriksaan pertama, Kamis (10/11) sekira pukul 19.00 WIB, ketika Marisi baru tiba di gedung Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Sumut, dia mengaku kenal dengan Parlan. Bahkan, Marisi mengaku sudah tak bertemu dengan Parlan selama setahun. Dan, Marisi juga sempat menanyakan di mana keberadaan si Parlan kepada petugas yang memeriksa.
Lucunya, keterangan Marisi ini langsung berubah 180 derajat pada Jumat (11/11). Marisi yang kembali ditemui Sumut Pos setelah sehabis melakukan pemeriksaan kesehatan bersama rekannya Suroso (yang ditangkap bersama Marisi) di gedung Bid Dokes Polda Sumut memberikan pernyataan yang beda. Saat dikonfirmasi kedekatannya dengan Parlan, dia berkelit. “Saya tidak kenal,” ujar Marisi.
Terkait kasus berbelit tentang calo CPNS itu, Kasubdit III Direktorat Reserse Kriminal Umum Kompol Andry Setiawan Sik mengaku kasus sedang dikembangkan. Pun, ketika ditannya ada kaitan antar jaringan Asahan dengan Marisi.
“Bentar dulu ya, masih tahap pemeriksaan, ini lagi dikembangkan,” terangnya

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Entri Populer

 
Toggle Footer