Breaking News
Loading...
Saturday, October 5, 2013

Tips Sukses Menghadapi Wawancara Kerja

7:23 AM


Wawancara kerja atau sebagian orang menyebutnya interview kerja merupakan suatu hal yang di tunggu bagi para pencari kerja, namun masih banyak yang menganggap wawancara kerja sebagai sesuatu yang menakutkan bagi pencari kerja. Mereka menganggap HRD manager sebagai monster yang menakutkan dan banyak yang grogi dan tidak tenang saat menghadapi wawancara kerja di hadapan HRD Manager.

Menurut penelitian saya, tidak jarang para calon karyawan atau calon pegawai baru tidak lulus dalam tahap wawancara kerja. Entah apa yang menyebabkan mereka gagal dalam tahap ini, namun setelah saya berbicara dengan beberapa teman yang menjabat sebagai HRD, kebanyakan mereka gugup sehingga mengakibatkan mereka memberikan jawaban-jawaban yang tidak meyakinkan. Kurangnya persiapan menjadi penyebab utama terjadinya kegugupan bagi calon karyawan baru. Oleh sebab itu kami ingin berbagi Tips Sukses Menghadapi Wawancara Kerja. Dengan harapan anda dapat lulus di tahap wawancara dan di terima menjadi karyawan di Perusahaan yang anda inginkan, entah itu perbankan, kesehatan, migas, dll.

Tips Sukses Menghadapi Wawancara Kerja

Berikut ini merupakan tips sukses menghadapi wawancara kerja serta persiapan yang harus Anda lakukan sebelum wawancara kerja/interview:

1. Survey Lokasi Wawancara Kerja

Langkah ini banyak yang di abaikan saat wawancara kerja. Satu hari sebelum wawancara kerja diselenggarakan, sempatkan diri Anda untuk survey atau mengecek lokasi interview. Hal ini dilakukan agar keesokan harinya Anda tidak sibuk mencari lokasi wawancara kerja. Namun jika Anda sudah mengetahuinya hal ini tidak perlu Anda lakukan.

2. Datanglah Lebih Awal

Datanglah 10 menit atau lebih cepat dari jadwal wawancara kerja yang ditentukan oleh pihak penyelenggara. Dengan datangnya Anda lebih awal, Anda dapat merileks-kan diri, sehingga tidak tergopoh-gopoh yang menyebabkan berkeringat dan gugup.

3. Siapkan Jawaban Atas Pertanyaan Wawancara Kerja

Hal ini perlu Anda lakukan, carilah kemungkinan pertanyaan yang akan di tanyakan pewawancara kerja, misalnya seputar posisi yang Anda lamar atau tentang profil perusahaan. Dengan Anda melakukan persiapan ini, Kepercayaan diri Anda akan bertambah, sehingga tidak perlu khawatir lagi untuk tidak dapat menjawab pertanyaan dari interviewer.

4. Berpakaianlah yang Rapi dan Formil

Seni berpakaian yang rapi dan formil tidak selalu mahal. Anda dapat berpakaian dengan kemampuan financial Anda. Untuk pria, pakailah pakaian kemeja lengan panjang dengan warnah cerah namun tidak norak atau mencolok. Anda juga bisa memakai kemeja bermotif atau polos. Untuk kemeja yang bermotif, usahakan motifnya tidak terlalu banyak, hal ini memiliki penilaian sikologis oleh si pewawancara. Normalnya pakaian yang dipakai untuk wawancara kerja adalah kemeja putih dan celana panjang warna hitam dengan bahan keper. Untuk wanita, jangan ber make up terlalu tebal, bermake up lah sewajarnya. Mengenai pakaian, pakailah pakaian yang menunjukkan Anda seorang pekerja. Soalnya, saya sering sekali menjumpai banyak wanit ketika wawancara kerja, memakai pakaian seperti kondangan dengan make up yang berlebihan.

5. Awali Sapaan dan Jabat Tangan

Ketika giliran Anda di panggil untuk interview, ketoklah pintu sebelum Anda masuk kedalam ruangan si pewawancara. Kemudian ulurkan tangan Anda lebih awal untuk berjabat tangan, genggam tangannya dengan erat sembari mengucapkan sapaan hangat, apakah itu dengan sapaan apa kabar, selamat siang atau dengan sapaan formil lainnya. Hal ini akan memberi kesan positif kepada pewawancara bahwa Anda adalah orang yang smart dan ramah serta percaya diri.

6. Jujur dan Jangan Bertele-tele

Ketika Anda ditanya oleh pewawancara, jawablah dengan jujur, usahakan jawaban Anda sesuai dengan apa yang ditanyanyakan. Tataplah mata si pewawancara dengan wajar, untuk memberi kesan penghormatan dan menampilkan kepercayaan diri Anda ketika pewawancara sedang bertanya.

7. Akhiri Perpisahan Dengan Jabat Tangan

Setelah Anda siap diwawancarai, hal yang terakhir yang harus Anda lakukan adalah memberi jabat tangan dengan interviewer sembari memberikan senyuman ramah.

Oke Semoga tips sukses wawancara kerja diatas dapat berguna buat anda, dan anda bias bekerja di Perusahaan yang di inginkan. Jangan lupa awali dan akhiri dengan berdoa berharap semuanya lancar dan di permudah.

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Entri Populer

 
Toggle Footer