Breaking News
Loading...
Tuesday, November 12, 2013

Info CPNS Cianjur - Cianjur Tak Kebagian Jatah Penerimaan CPNS

7:33 PM
Pemerintah pusat tak memberikan kuota penerimaan calon pegawai negeri sipil (PNS) di Kabupaten Cianjur kategori pelamar umum tahun ini. Padahal jika berbicara konteks kebutuhan, Pemkab Cianjur masih kekurangan pegawai.

Kepala Bidang Penghargaan Pegawai dan Disiplin Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Cianjur Deden Supriyadi mengatakan, tahun ini pemerintah pusat memang tak memberikan kuota penerimaan pegawai dari kategori pelamar umum. Dia tak mengetahui persis alasan tidak disetujuinya usulan kebutuhan pegawai itu.

"Kalau usulan itu tiap tahun selalu kita laporkan karena merupakan instruksi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara. Tapi dari 26 kota/kabupaten di Jawa Barat, hanya empat kota/kabupaten yang dapat kuota penerimaan CPNS dari pelamar umum, yakni Kota Bandung, Kota/Kabupaten Bogor, dan Kota Depok," kata Deden kepada INILAH.COM, Rabu (18/9/2013).

Deden menuturkan, jumlah PNS yang ada di Pemkab Cianjur saat ini lebih kurang 16 ribu orang. Mayoritas masih didominasi kalangan guru dan tenaga kesehatan. "Memang kebutuhan PNS saat ini masih dari kalangan guru dan tenaga kesehatan," tuturnya.

Menurut Deden, setiap tahun kebutuhan PNS itu selalu ada. Hal itu mengingat rata-rata setiap tahunnya PNS yang pensiun terdapat sebanyak 500 orang.

"Ketika ada PNS yang pensiun, berarti ada kekosongan pegawai. Makanya berbicara kebutuhan, tentunya butuh juga ada rekrutmen pegawai," ujarnya.

Meski tahun ini tak mendapatkan jatah kuota penerimaan calon PNS, tenaga honorer akan diprioritaskan mengikuti seleksi calon PNS.

"Sesuai rencana, 3 November 2013 nanti, sebanyak 5.400 tenaga honorer di Pemkab Cianjur akan mengikuti seleksi calon PNS," katanya.

Deden menyebutkan, berdasarkan hasil kajian bersama IPDN, kebutuhan pegawai di lingkungan Pemkab Cianjur sebetulnya sudah mencukupi. Namun secara kompetensi masih rendah.

"Artinya, secara kuantitas pegawai di Cianjur itu sudah cukup, tapi secara kompetensi belum terpenuhi. Makanya sejak beberapa tahun ini, rekrutmen calon PNS tidak ada lagi yang lulusan SMA sederajat. Ini semata-mata agar kompetensi bisa terpenuhi," jelasnya.

Namun demikian, kata Deden, bukan berarti kebutuhan pegawai tak diperlukan lagi. Menurutnya, kebutuhan pegawai selalu ada mengingat setiap tahunnya juga pegawai yang pensiun selalu ada.

Jika kamu suka dengan info CPNS Cianjur maka share artikle ini ya biar semua merasakan manfaatnya :)

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Entri Populer

 
Toggle Footer