Breaking News
Loading...
Wednesday, November 13, 2013

Tips Menulis CV Lamaran Pekerjaan - 3 Tips Penting Untuk Menulis CV Terbaik

9:38 PM
Tahukah anda kalau departemen HRD di perusahaan mendapatkan ratusan CV setiap harinya? Dengan keadaan seperti ini, tentunya anda diharuskan untuk bisa membuat CV yang menonjol. CV yang menarik tidak berarti harus dicetak diatas kertas berwarna yang termahal, ada beberapa tips yang akan kami bagikan mengenai cara menulis CV Terbaik yang kemungkinan besar akan dipilih oleh manager HRD. Inilah dia : 

Tunjukkan Kepribadian Terbaik
CV tidak hanya digunakan untuk menunjukkan kualifikasi anda saja. Gunakan CV untuk menunjukkan kepribadian terbaik anda, jangan menjadi orang yang membosankan, tunjukkan sedikit karakter yang bisa membuat anda “bersinar”. Cobalah untuk menunjukkan diri anda sebagai seseorang yang ramah, bersahabat, dan penuh semangat. Anda bisa menjadi seseorang yang berkepribadian tetapi tetap professional. Jadilah orang yang memikat, menghibur, dan juga percaya diri.
Jorgen Sundberg di Undercoverrecruiter.com menyarankan untuk menggunakan bahasa positif setiap saat. Dia menambahkan bahwa para pencari kerja harus bisa merasakan sikap optimis dan positif segera setelah mereka membaca CV anda.


Format CV adalah segalanya
Susun CV anda agar semua detail yang penting ada di satu tempat, biasanya di setengah halaman pertama dari CV. Hal ini bisa membantu pihak HRD untuk melihat pengalaman bekerja, keahlian, dan kualifikasi anda dengan lebih mudah. Alison Doyle di About.com mengatakan bahwa meskipun tidak ada format CV yang sempurna, CV dengan profile atau headline besar kemungkinan akan bersinar di tahun 2013 ini.
Susun CV anda dan kombinasikan elemen tadi dengan informasi kerja yang mudah dipahami untuk menulis CV yang menonjol. Hal ini akan memberikan 'dorongan' kepada CV anda untuk menarik perhatian.
Mengoreksi Kualitas CV
Hal terburuk yang bisa terjadi kepada anda adalah jika CV anda menarik perhatian karena alasan yang salah. Penulisan tata bahasa dan pengejaan kata-kata yang salah tidak boleh ada di CV anda. Koreksilah isi CV anda sesering mungkin agar anda yakin CV anda bebas dari kesalahan.

Dailywritingtips.com membagi beberapa tips mengoreksi CV berikut ini:
  • Konsentrasi : akan lebih mudah untuk melihat kesalahan penulisan tata bahasa dan pengejaan jika anda berkonsentrasi terhadap tulisan anda. Matikan televisi atau radio dan berhentilah mengecek akun Facebook atau Twitter anda selama menulis, berikan konsentrasi penuh terhadap CV anda.
  • Print CV anda: Print satu copy CV anda dan bacalah apa yang telah anda tulis keras-keras. Ini akan membantu anda untuk membenarkan kesalahan yang tidak anda sadari selama menulis CV di komputer.
  • Baca kata dari belakang : otak akan secara otomatis mengoreksi kesalahan pengejaan dalam kalimat. Membaca kata dari belakang membantu meningkatkan kesadaran dan membantu anda untuk melihat kesalahan dengan lebih mudah
  • Hati hati dengan kesalahan tanda baca dan ejaan : Misalnya penulisan kata "Apotek" jangan sampai salah ditulis "Apotik", atau penulisan singkatan "Perseroan Terbatas" yang kadang masih disingkat sebagai "P.T." padahal yang benar adalah "PT". Kesalahan-kesalahan seperti ini umum terjadi, maka anda harus berhati-hati. Gunakanlah bantuan kamus atau buku tata bahasa untuk memeriksa arti setiap kata-kata maupun ejaan yang benar.
  • Mintalah bantuan Teman : Minta teman anda untuk mengoreksi CV anda satu kali lagi untuk memeriksa kesalahan yang mungkin anda lewati. Pengoreksian yang dilakukan oleh teman adalah pilihan yang baik untuk memastikan anda menulis CV terbaik. Ingat, CV yang baik adalah CV yang tanpa cela.
Pada akhirnya, pegawai HRD hanya ingin membersihkan tumpukan dokumen yang ada di meja mereka. Tips-tips ini akan membantu anda untuk menulis CV terbaik yang pasti akan menarik perhatian mereka.

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Entri Populer

 
Toggle Footer