Deskripsi Umum: Proses pencarian kerja adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan upaya untuk memenangkan kesan pertama.
Artikel ini akan membantu para pemula maupun yang sudah berpengalaman
untuk siap berlayar ke berbagai tahapan dalam proses pendaftaran di
dunia kerja dengan memperlihatkan sebuah kesan pertama yang begitu kuat.
Proses pencarian kerja yang sukses adalah segala upaya untuk membuat
aplikasi pekerjaan kamu terlihat paling menonjol dibandingkan dengan
saingan kamu yang lainnya. Segala sesuatunya dari resume, surat
pengantar, interaksi ketika wawancara, dan juga seluruh referensi
personal yang kamu miliki harus benar-benar menjadi suatu sorotan bahwa
kamu adalah seorang kandidat yang sempurna untuk posisi ini. Sekilas,
hal ini memang terlihat sulit, namun jika kamu bisa menjalankan semua
itu dengan baik, maka manfaat dari memposisikan diri kami sebagai yang
"Terbaik dari yang Terbaik" akan memberikan sebuah hasil yang sangat
berharga.
Tips Agar di terima kerja
Kecuali jika anda mengenal orang dalam di perusahaan dimana anda melamar, disini anda hanya akan terlihat sebagai satu dari sekian banyak muka yang terlihat di tumpukan resume di HR. Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk memenangkan kesan pertama adalah dengan memulai menulis resume dan surat pengantar. Dokumen-dokumen ini harus terlihat profesional dan harus memperlihatkan sebuah hasil yang bagus dalam memberikan detail mengenai pengalaman kerja, kemampuan, dan kualifikasi umum. Tingkatkan kesempatan anda untuk mendapatkan kesempatan wawancara dengan suatu resume yang mengarahkan kepada posisi yang spesifik dari yang anda lamar. Surat pengantar juga bisa membantu untuk menjual proses pendaftaran anda dalam hal membantu mengembangkan apa yang anda dapat dalam resume anda.
Kecuali jika anda mengenal orang dalam di perusahaan dimana anda melamar, disini anda hanya akan terlihat sebagai satu dari sekian banyak muka yang terlihat di tumpukan resume di HR. Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk memenangkan kesan pertama adalah dengan memulai menulis resume dan surat pengantar. Dokumen-dokumen ini harus terlihat profesional dan harus memperlihatkan sebuah hasil yang bagus dalam memberikan detail mengenai pengalaman kerja, kemampuan, dan kualifikasi umum. Tingkatkan kesempatan anda untuk mendapatkan kesempatan wawancara dengan suatu resume yang mengarahkan kepada posisi yang spesifik dari yang anda lamar. Surat pengantar juga bisa membantu untuk menjual proses pendaftaran anda dalam hal membantu mengembangkan apa yang anda dapat dalam resume anda.
Berpakaian Dengan Rapi Untuk Memberi Kesan Baik
Berhubung resume dan surat pengantar telah berhasil melakukan bagiannya dalam menghantarkan anda ke sebuah wawancara kerja, panggung sudah siap diatur untuk memperlihatkan kemampuan anda dihadapan orang-orang yang sangat penting. Terlepas mereka itu petugas rekrutmen, hiring manager, maupun CEO dari perusahaan, usahakanlah supaya anda memberikan sebuah kesan yang baik dari cara berpakaian anda.
Berhubung resume dan surat pengantar telah berhasil melakukan bagiannya dalam menghantarkan anda ke sebuah wawancara kerja, panggung sudah siap diatur untuk memperlihatkan kemampuan anda dihadapan orang-orang yang sangat penting. Terlepas mereka itu petugas rekrutmen, hiring manager, maupun CEO dari perusahaan, usahakanlah supaya anda memberikan sebuah kesan yang baik dari cara berpakaian anda.
Gunakan daftar berikut sebagai panduan untuk membantu Anda memilih pakaian yang tepat untuk memenangkan kesan pertama.
Sepatu: Harus dipoles sampai tidak ada sedikitpun kotoran yang
terlihat, termasuk debu maupun bekas sobekan dimana saja. Usahakan untuk
menggunakan warna hitam maupun warna-warna yang netral. Pria harus
memastikan bahwa sepatu yang mereka kenakan cocok dengan skema warna
pakaian yang mereka pilih itu. Wanita memiliki pilihan untuk sepatu yang
terbuka maupun yang tertutup. Jika anda memutuskan untuk memakai
sepatu hak, pastikan mereka berada di bawah tiga inci sehingga Anda
tidak akan memiliki masalah untuk berdiri atau bergerak disekitar.
Pakaian: Kerah memberikan suatu aura kepercayaan diri yang tenang
untuk pakaian apapun pakaian itu, jadi merupakan suatu ide yang baik
untuk mengenakan jas dan blazer, asalkan mereka cocok dan pas. Pastikan
untuk memeriksa pakaian Anda secara menyeluruh untuk menghindari adanya
benang-benang yang longgar. Jas hitam dan blazer umumnya terlihat
terlalu serius atau muram, jadi akan lebih baik untuk mengenakan warna
biru gelap, abu-abu atau arang.
Perhiasan dan Aksesoris: Satu-satunya aksesoris untuk pria adalah
jam tangan dan cincin kawin. Perempuan harus bisa menyimpan perhiasan
dan aksesoris se-minim mungkin. Mutiara anting, jam tangan wanita
elegan, dan kalung sederhana sudah lebih dari cukup.
Setiap Interaksi itu Penting
Segala sesuatu dari pangilan telepon, bagaimana Anda berinteraksi dengan
resepsionis pada saat kedatangan Anda untuk wawancara, sampai dengan
cara Anda menjabat tangan pihak yang akan mewawancarai anda merupakan
suatu aspek yang sangat penting. Interaksi simpel ini akan membuat atau
menghancurkan kesempatan Anda mendapatkan konsiderasi untuk suatu posisi
tertentu, oleh karena itu pastikan anda dapat meyakinkan mereka. Selalu
berpikir tentang bagaimana anda bisa menggunakan interaksi ini sehingga
anda dapat memenangkan kesan pertama. Apakah itu merupakan cara
Anda dalam berbicara, cara Anda melihat, atau cara Anda membawa
konservasi. Intinya, setiap interaksi itu sangat penting, karena itu
gunakanlah semuanya itu dengan maksimal.
Ketika Anda akhirnya mendapatkan suatu tawaran pekerjaan, maka anda
berhak mendapatkan tepukan dipunggung, namun sadari juga bahwa itu hanya
langkah awal dari proses perjalanan Anda. Fokuskanlah pada penguatan
hubungan Anda yang telah anda bangun selama proses aplikasi pekerjaan
dan teruskanlah untuk membutikan nilai Anda sebagai orang yang terbaik
untuk posisi itu.
0 comments:
Post a Comment